Masyarakat Diajak Ikut Kawal Tahapan  Pilkada

Devisi Sosialisasi   KPU Merauke Syahmuhar Zein, S.Sos, MAP saat melakukan sosialisasi   terkait peran  masyarakat dalam mengawal  proses tahapan Pilkada  di Kabupaten Merauke, Kamis (22/1).(Sulo/Cepos)

MERAUKE- Ketua  KPU Kabupaten  Merauke  Theresia Mahuze, SH, mengajak   seluruh masyarakat Kabupaten Merauke  untuk turut mengawal pelaksanaan  tahapan Pilkada   di Kabupaten Merauke agar  dapat berjalan sesuai  yang diharapkan bersama.  Ajakan ini disampaikan Theresia Mahuze   kepada wartawan seusai membuka sosialisasi  dengan tema peran masyarakat dalam mengawal proses tahapan Pilkada di Kabupaten Merauke,  Kamis (22/1).

   Theresia Mahuze menjelaskan, tahapan yang berlangsung saat ini adalah calon perseorangan.  “Ini yang sedang berlangsung. Saat ini,  kami  KPU Kabupaten Meraule masih stand by untuk calon persorangan. Karena tahapan sekarang adalah input dokumen dukungan ke dalam aplikasi Silon. Tapi sejauh ini, belum ada  pasangan calon  perseorangan ke kantor  untuk melakukan input dukungan,” kata  Theresia Mahuze.

  Tahapan  input dukungan ke dalam aplikasi  Silon ini berlangsung sampai  18 Februari 2019.  Selanjutnya, penyerahan dokumen dukungan   dalam bentuk aplikasi  Silon tersebut  akan berlangsung 19-23 Februari 2020.  Namun untuk menginput   dokumen dukungan  ke dalam Silon  tersebut harus dilakukan oleh operator. Operator ini   ditunjuk  oleh  pasangan bakal calon perseorangan  yang penunjukkanya  diserahkan  ke KPU.

  “Nah, ketika  sudah ada  operator yang  ditunjuk, maka  kami akan  melakukan bimbingan  tehnis kepada  mereka bagaimana  menginput   dokumen dukungan  kedalam aplikasi Silon tersebut,’’ jelasnya.

  Hanya saja, lanjutnya, belum  ada pasangan  calon yang mengirim  operator  untuk menginput dokumen  dukungan pasangan  calon perseorangan  tersebut. ’’Kalau  hanya sekadar  datang berkonsultasi,  memang sudah ada beberapa yang datang. Tapi untuk operator   bakal calon pasangan perseorangan itu belum ada. Jadi, sejuah ini  baru sebatas  mencari informasi dan koordinasi denjgan  kami KPU,’’ tambahnya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *