Masalah Lingkungan Kerja Berpengaruh Pada Kualitas Pelayanan 

   Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya dr. Willy Mambieuw, Sp.B

WAMENA-Untuk evaluasi terhadap program JKN-KIS yang telah berjalan sejak tahun 2014 lalu BPJS Kesehatan Cabang Wamena melakukan pertemuan dengan 13 puskesmas dan Dinas Kesehatan Jayawijaya. Dimana dalam evaluasi program tersebut, kendala serta masalah di lingkungan kerja fasilitas kesehatan yang sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan peserta JKN-KIS serta mencari solusi terhadap persoalan yang terjadi.

   Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya dr. Willy Mambieuw, Sp.B menuturkan agar setiap kendala dalam pelayanan di masing-masing Fasilitas Kesehatan dapat disampaikan agar ke depan pelayanan kepada peserta semakin maksimal.

  “Evaluasi tahunan seperti ini memang harus dilakukan. Jaminan Kesehatan Nasional bukan hanya BPJS Kesehatan saja tapi dari segmen terkait dalam hal ini Fasilitas Kesehatan. Dari hasil evaluasi ini kita akan tahu apa saja kendala di tiap fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan,” ungkapnya Kamis (23/1) kemarin.

  dr Willy juga menyampaikan,  Pada pertemuan ini membahas evaluasi pelayanan primer selama tahun 2019 dalam hal ini Fasilitas Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS. Guna mendukung pelayanan kesehatan yang maksimal, BPJS Kesehatan Cabang Wamena, Memberikan pelayanan terbaik kepada peserta adalah cita-cita BPJS Kesehatan. Dalam menyukseskan progam JKN-KIS.

   “Dibutuhkan kerjasama antar segmen terkait dalam hal ini Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang menjadi ujung tombak dalam memberi layanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS. Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta,”kata Kadinkes Jayawiaya

  Sementara Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Wamena, Dian Novita memberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan yang telah melayani peserta JKN-KIS dengan sepenuh hati. Dian berharap ke depan persoalan yang menjadi kendala di tiap fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan dapat di koordinasikan dengan baik bersama segmen terkait.

   Dalam kesempatan itu, Dian juga membahas terkait pendistribusian kartu JKN-KIS Peserta Didaftarkan (PD) Pemda Kabupaten Jayawijaya kepada masyarakat untuk dapat dipergunakan ketika akan mengakses pelayanan kesehatan baik ditingkat dasar maupun lanjutan.    “Puskesmas diharapkan melakukan pelayanan sambil mendata keluarga yang telah memiliki NIK namun belum menjadi peserta JKN-KIS, untuk kedepannya dapat diusulkan menjadi peserta JKN-KIS PD Pemda Kabupaten Jayawijaya.”ujar Dian

   “Saat ini Pemda Kabupaten Jayawijaya telah menjamin 22.043 jiwa masyarakat yang telah   memiliki NIK ke dalam Program JKN-KIS.”bebernya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *