Digelar Mulai 27 Januari, Memontum Mencari Guru Milenial

Data BKN menyebutkan jumlah peserta tes CAT tahun ini 3,3 juta orang. Angka ini naik dibandingkan dengan jumlah peserta tes CAT seleksi CPNS 2018 sebanyak 2,7 juta orang. Dengan bertambahnya jumlah peserta itu, lokasi ujian juga bertambah. Dari 239 titik pada tes CPNS 2018 menjadi 427 titik ujian di tes CPNS 2019.

Formasi CPNS 2019 paling banyak adalah untuk jabatan guru. Jumlahnya mencapai 63.324 orang. Pendiri Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Muhammad Nur Rizal mengatakan seleksi CPNS 2019 merupakan momentum yang tepat untuk mencari guru-guru milenial berkualitas.

’’Guru milenial yang akan mengajar milenial. Mereka bisa memahami anak-anak milenial,’’ katanya. Dia mengatakan secara rata-rata pendaftar CPNS guru usianya masih muda. Tidak terpaut jauh dengan muridnya. Khususnya bagi guru yang mengajar di jenjang SMP atau SMA. Sama-sama generasi yang hidup di era milenial.

Dia mengatakan ada sejumlah kompetensi penting yang harus dimiliki para guru. Diantaranya adalah kompetensi sosial. Kompetensi ini penting karena dalam proses mengajar ada dialektika. Guru yang baik bisa menyampaikan gagasannya kepada anak-anaknya dengan baik pula.

Menurutnya guru milinial tidak sekadar bisa mengajar dengan menggunakan teknologi atau secara online. Lebih dari itu guru yang bisa menyajikan beragam metode pembelajaran. Seperti pembelajaran di luar ruang kelas, pengamatan, serta mengajak siswa menyelesaikan persoalan nyata. (wan/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *