Desak Tujuh Tapol Dipulangkan ke Papua

Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Peduli Papua bersama keluarga 7 tapol, saat melakukan pertemuan dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua bersama para pejabat Kejati di Kantor Kejaksaan Tinggi Papua, Kamis (23/1).

Christianus, mengatakan pihak Kejati telah menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh mereka. Oleh karena itu, apapun yang disampaikan ini dapat direalisasikan nantinya.

Sementara itu,  Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati), Nicolaus Kondomo, mengatakan bahwa pihaknya melakukan pertemuan dengan DPRP, MRP, dimana meminta agar 7 tapol ini dipulangkan ke Papua. Hal ini sama seperti pertemuan yang dilakukan bersama para mahasiswa dan pemuda hari ini (kemarin-red).

Namun demikian, kata Nicolaus, 7 tapol ini dipidahkan, karena pihaknya telah melakukan diskusi bersama Gubernur, Kapolda, Pangdam mengenai keamanan, sehingga atas dasar permohonan ke Mahkamah Agung, sehingga MA menurunkan fatwa agar mereka dikirim ke Kalimantan Timur.

  Kata Nicolaus, untuk mempercepat poroses persidangan, maka pada hari Senin (27/1)  Kejaksaan Tinggi Papua  akan mengirimkan berkas 7 tahanan politik agar dilimpakah ke Pengadilan Tinggi di Kalimantan untuk mengikuti proses persidangan di Kalimantan Timur.

Tidak hanya itu, Nicolaus, mengatakan pihaknya telah mengirimkan dua orang Jaksa Penuntut Umum (JPU) ke Kalimantan Timur, untuk mendampingi para 7 tahanan politik, terutama bagaimana melihat permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para 7 tapol tersebut.

“Kami akan usahakan agar proses persidangan ini berjalan dengan cepat. Jika putusan sudah selesai. Mereka dipulangkan ke Papua tergantung mereka bersalah atau tidak nanti pengadilan yang memutusakan hal terseut berdasarkan fakta fata persindangan,”ujarnya.

Kondomo mengatakan, apabila mereka menjalani masa persidangan dan proses persidangan selesai. Pihak kajati akan surati mereka agar di pulangkan ke Papua. Selama 7 tapil di tahan di Kalimantan Timur, hak-hak mereka dijamin oleh negara. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *