60 Kampung Belum Serap ADD Tahap III

Elisa Yarusabra (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra mengatakan, dari 139 kampung di Kabupaten Jayapura, baru 79 kampung yang sudah menyerap Alokasi Dana Desa tahap III, Tahun 2019.

“Sampai 22 Januari ini, 79 kampung sudah kita salurkan dananya. Berarti masih ada 60 kampung yang belum menyerap Dana Desa tahap III,”kata Elisa Yarusabra saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (22/1).

Lanjut dia, sesuai permintaan BPKP, sebelum Alokasi Dana Desa itu terserap oleh masing-masing kampung, maka setiap kampung diwajibkan untuk melakukan Musrenbang di tingkat kampung, kemudian setiap kampung harus menetapkan APBKnya meski dilakukan secara manual. Di dalam APBK  manual itu sudah terakomodir progres tahap III 2019.

Kemudian karena tahun anggaran baru maka perlu ditetapkan kemudian diproses. Karena nanti, pada saat dimasukkan dalam aplikasi akan tergambar semua, tersusun semua, di mana satu kampung akan mengelola anggaran lebih dari Rp1 miliar dan ditambah pagu tahun 2019 maka dana yang akan dikelola oleh masing-masing kampung diperkirakan Rp 1,3 sampai Rp 1,5 miliar.

“Untuk tahap III ini kan sudah ada progresnya , tinggal mereka melaksanakan saja,” ujarnya.

Tapi secara administrasi, pengelolaan keuangan harus dimasukkan ke dalam APBK 2020 dan ditetapkan, kemudian disahkan oleh Bamuskam.

Lanjut dia, untuk 60 kampung yang belum menyerap Alokasi Dana Desa tahap III karena kampung tersebut masih belum melaksanakan Musrenbang kampung dan sejumlah persyaratan lainnya yang diminta oleh BPKP.

“Ini juga untuk membantu kampung supaya bisa lebih cepat,”ujarnya.

Kendati demikian, dia sudah menegaskan dan meminta kepada 60 kampung yang belum menyerap Alokasi Dana Desa tahap III itu supaya bisa menyelesaikan semua proses tersebut dalam minggu ini.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *