Mansnembra: Mako Brimob di Wamena Setingkat Kompi

Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Godhelp Cornelis Mansnembra. 9Denny/Cepos)

WAMENA-Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Godhelp Cornelis Mansnembra memastikan jika rencana pembangunan Mako Brimob di Jayawijaya bukanlah markas besar, namun hanya setingkat Kompi yang nantinya akan ditempatkan di Distrik Pisugi dan pegerjaannya akan mulai berjalan  tahun depan, apabila ada ketersediaan lahan.

  Rencana pembangunan Mako Brimob Polda Papua di Jayawijaya ini sebenarnya merupakan rencana yang sudah lama digagas. Lokasinya juga masih terus berpindah -pindah sehingga ia mencoba melakukan koordinasi dengan Kapolres Jayawijaya untuk dipusatkan di satu tempat saja, yakni di daerah Distrik Pisugi Kabupaten Jayawijaya.

  “Ini kita bukan bangun markas yang besar, namun hanya setingkat Kompi saja dulu, namun mungkin yang pertama akan didirikan pos saja dulu, karena kendala yang ada di Wamena kita harus mencari personel untuk ditempatkan di sini,” ungkapnya saat ditemui di Polres Jayawijaya, Rabu (22/1).

  Kata Mansnembra, untuk struktur organisasinya saat ini sudah berada di tingkat Detasemen D, namun baru diisi oleh 171 personel Brimob Polda Papua, namun mungkin akan terus ada penambahan hingga nanti mencapai 400 lebih personel yang ditempatkan disini untuk operasional 1 batalyon.

  “Untuk disini memang 1 Detasemen, namun kalau anggotanya 400 lebih itu tidak semuanya di Jayawijaya nanti dibagi-bagi ke daerah lain seperti Kabupaten Merauke,  Bade, Mapi dan Wamena,”katanya

  Untuk rencana pembangunannya, lanjut Dansat Brimob Polda Papua, pihaknya masih melihat ketersediaan lahan, dimana kalau lahannya sudah ada, atau dihibahkan ke Brimob maka sudah bisa dilakukan pembangunan dan paling lambat itu tahun depan.

  “Untuk sarana pendukung seperti kendaraan kami sudah punya, namun mengingat masalah BBM termasuk perawatannya di Wamena ini masih sangat mahal sekali sehingga kita masih menunda dulu dan menunggu hingga ada ketersediaan lahan barulah dipenuhi dengan kendaraan operasional,”jelas Mansnembra,

  Selain itu kunjungannya ke Jayawijaya saat ini dilakukan untuk melihat secara langsung pengamanan yang dilakukan dalam penantikan anggota DPRD Jayawijaya nanti, sehingga ia telah melakukan pertemuan dengan Pemda Jayawijaya dalam hal ini Wakil Bupati Jayawijaya untuk mengetahui kondisi keamanan dari pimpinan daerah.

  Secara terpisah Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi menyatakan dalam pertemuannya dengan Dansat Brimon Kemarin terkait tindak lanjut wacana pembangunan bataliyon brimob di Jayawijaya sebenarnya tidak disinggung, namun pemda telah memfasilitasi pembentukan pos brimob di beberapa titik di Jayawijaya.

  “Kita lebih banyak berbicara berkaitan dengan rencana pelantikan anggota DPRD terpilih kabupaten Jayawijaya yang rencananya akan dilaksanakan kamis nanti, sesuai surat yang dikeluarkan Sekwan,” ungkap Marthin Yogobi kepada wartawan usai pertemuan.

  Dari pertemuan tersebut, lanjut Wabup, belum ada pembahasan terkait rencana penambahan pasukan di wilayah Jayawijaya. “Kekuatan anggota brimob di Jayawijaya cukup untuk mengamankan jalannya pelantikan,” bebernya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *