Antisipasi Hoax Jelang Pilkada,  Polisi Intensifkan Subdit Cyber

Dirkrimsus Polda Papua, Kombes Ricko Taruna Mauruh

JAYAPURA- Penyebaran berita bohong (hoax) melalui media sosial (medsos) seperti Facebook, Watshapp, Instagram, dan berbagai medsos lainnya menjadi perhatian tersendiri bagi pihak kepolisian, terutama pihak Ditkrimsus Polda Papua, terutama menjelang pemilukada kepala daerah yang akan berlangsung pada bulan September 2020 mendatang.

Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, melalui Dirkrimsus Polda Papua, Kombes Ricko Taruna Mauruh, mengatakan bahwa pihaknya akan mengintensifkan Subdit Cyber, untuk mengantisipasi berita bohong (hoax) yang menyebar di media sosial (medsos), terutama menjelang pilkada yang berlangsung nantinya di Papua.

“Antisipasi yang pertama adalah kita akan mengentifkan Sub Cyber dengan dukungan peralatan yang ada,” katanya kepada wartawan di Mako Brimob Polda Papua, Rabu (22/1).

Kata Ricko, alat yang digunakan nanti akan di upgarade atau peningkatan kapasitas dalam rangka untuk ikut mendukung dan mensukseskan  pemilukada dan PON di Papua. “Alat ini akan kita pusatkan di Polda Papua, sementara nanti Polres-Polres nanti akan lakukan patroli cyber dan nanti melaporkan kepada kita di Polda,” ucapnya.

Ricko, mengatakan pihaknya dari Direskrimsus akan bekerjasama dengan Bidang Humas Polda Papua untuk melihat apakah informasi yang disampaikan di medsos itu hoax atau tidak.  “Nanti kita sendiri menyangkut dengan masalah informasi pemidanaannya, didalam informasi transaksi elektronik,” ujarnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *