Passing Grade Formasi CPNS Tahun 2019 Turun

Paulus Dwi Laksono (Takim/Cepos)

JAYAPURA-Meskipun pemerintah daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat tidak menggelar seleksi penerimaan CPNS formasi tahun 2019, namun pelaksanaan tes penerimaan CPNS untuk kementerian dan lembaga di tingkat pusat, masih digelar di Provinsi Papua, yang pelaksanaannya dilakukan serentak secara nasional tanggal 27 Januari 2020.

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional IX Jayapura, Drs. Paulus Dwi Laksono, MUP mengatakan, passing grade formasi CPNS tahun 2019 telah diturunkan dibandingkan dengan tahun 2018. Penurunan menurut Paulus dilakukan pada tes wawasan kebangsaan yang sebelumnya 75 sekarang 65 dan tes kematangan pribadi yang sebelumnya 143 sekarang 126.

Penurunan passing grade ini menurut Paulus tidak terlepas dari kesulitan masing-masing peserta  CPNS pada tes kematangan pribadi, dimana banyak peserta yang jatuh. Hal ini yang mengakibatkan diturunkan beberapa passing grade. “Untuk passing grade di tahun 2019 banyak yang diturunkan,” katanya.

Untuk materi tes CPNS tahun 2019 menurut Paulus terdiri dari intelegensi umu, yaitu kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural. Sedangkan, untuk materi wawasan kebangsaan, yaitu nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara (Pancasila), dan bahasa.

Selain itu, untuk tes kematangan pribadi atau tes karakteristik pribadi, yaitu pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

“Inilah materi-materi yang akan dilakukan pada tes CPNS tahun 2019 untuk formasi kementerian dan lembaga di pusat dan daerah. Materi ini sendiri sesuai dengan Permenpan-RB Nomor 23 Tahun 2019,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Paulus, untuk tes di lingkungan kementerian akan dilaksanakan mandiri, tetapi juga ada yang menggunakan kantor regional (Kanwil). Untuk jadwal tes secara keseluruhan Kantor BKN Regional IX Jayapura belum mendapatkannya. Tetapi diakuinya sudah ada instansi yang menghubungi Kantor BKN. Di antaranya Kejaksaaan Agung dan Kementerian Hukum dan HAM RI, yang akan menggunakan cut yang ada di BKN.

“Untuk CPNS yang ada di kabupaten/kota akan melakukan tes secara mandiri, tetapi ada juga yang menggunakan kantor UPT dari kantor regional maupun kantor regional sendiri. Jadwal mungkin dalam beberapa hari kedepan akan turun secara keseluruhan dan serentak tes akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai tanggal 27 Januari,” tambahnya.

Paulus menyampaikan, pihaknya di kantor BKN Regional IX akan memfasilitasi pelaksanaan tes di lingkungan kementerian yang akan menggunakan cut di kantor BKN.

Untuk jumlah pelamar formasi CPNS pusat tahun 2019 menurutnya mengalami penurunan. Hal ini tidak terlepas dari adanya kekhawatiran pelamar, dimana apabila mengikuti tes CPNS tahun 2019 ini, mereka takut  tidak bisa ikut CPNS di tahun berikutnya.

“Ini sendiri sudah kami jelaskan, sehingga ketika Papua dan Papua Barat itu menyelenggarakan tes CPNS mereka bisa ikut. Tapi tidak tahu persis tanggapan mereka. Namun paling tidak kewajiban kami sudah memberikan penjelasan, sehingga mereka bisa memanfaatkan kesempatan ini,” tutupya. (bet/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *