Tidak Ada Bacalon Perseorangan  Ambil Formulir ke KPU  Merauke

Theresia Mahuze, SH (Sulo/Cepos)

MERAUKE-   Kendati waktu semakin mepet untuk mengembalikan  dokumen  dukungan  calon perseorangan, namun  sampai batas  yang ditentukan  tidak ada  bakal calon  (Bacalon) perseorang yang datang mengambil  formulir dukungan   ke  KPU  Kabupaten  Merauke.

‘’Ya, sampai sekarang belum ada yang datang untuk input  dokumen dukungan. Tapi kami KPU masih stand by   sampai penyerahan dokumen tersebut,’’ kata  Ketua   KPU Merauke  Theresia Mahuze,   SH,  ditemui media ini minggu   lalu.   

Sementara penyerahan dokumen  dukungan  untuk bacalon perseorangan tersebut, lanjut  Theresia Mahuze,   dimulai sejak Minggu  19 Januari  2020 sampai 23 Februari 2020. Namun sebelum   diserahkan, lanjut dia,   maka  dukungan   perseorangan tersebut harus  diinput  ke dalam  Silon, dimana untuk menginput   dukungan perseorangan  tersebut ke dalam Silon membutuhkan  waktu.  ‘’Selama ini  tidak ada  pasangan  calon perseorangan  tersebut yang mengutus  operator   mereka. Karena pasangan calon perseorangan wajib menunjuk   operator yang akan menginput  data dukungan persorangan  itu ke dalam Silon dengan membawa    bukti surat   penunjukan,’’ terangnya.

  Theresia   Mahuze menjelaskan, kemungkinan   tidak adanya  bakal  calon persorangan  tersebut selain karena  persyaratan  yang harus  dipenuhi oleh setiap pasangan calon perseorangan cukup berat juga  bagi  setiap pasangan bacalon    kepala daerah  apabila   sudah  maju  di  pasangan perseorangan namun  dinyatakan  tidak memenuhi persyaratan  maka   bakal calon   yang bersangkutan   tidak bisa   maju lagi  dengan  dukungan partai politik.

‘’Jadi    kalau sudah maju  sebagai  bakal  calon  bupati  namun saat dilakukan verifikasi dan dinyatakan  tidak memenuhi  persyaratan  maka   yang bersangkutan tidak bisa lagi maju  dengan  dukungan partai  politik,’’  terangnya.

  Karena   itu, lanjut dia, kemungkinan dengan aturan ini membuat  sejumlah bakal calon bupati   di Merauke yang sebelumnya menyatakan   akan  maju lewat  jalur  perseorangan  mengurungkan niatnya   maju lewat  jalur  perseorangan  tersebut. (ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *