Pelaku Usaha Tetap Antusias Pasca Kerusuhan

Pelaku usaha saat mengurus perizinan usahanya di Loket DPMK PTSP, Rabu (15/1). (Denny/ Cepos)

WAMENA-Kepala Dinas Penanaman Modal, Koperasi, Pelayanan Terpadu satu Pintu (DPMK PTSP) Kabupaten Jayawijaya Karel Tehupuring memastikan pasca kerusuhan 23 September tahun lalu, masyarakat  kembali antusias untuk mengembangkan usaha di Jayawijaya. Hal ini terlihat dari permohonan pengurusan izin usaha sejak November 2019 hingga Januari  2020 ini.

  Menurut Karel, pasca kerusuhan kemarin memang banyak pelaku usaha yang usahanya ini terbakar, namun untuk perizinannya bagi para pelaku usaha yang juga menjadi korban kerusuhan tahun lalu, ia selalu menganjurkan untuk selalu datang ke DPMK PTSP manakala arsip dokumen izin usahanya hilang atau terbakar bisa memproses ulang.

  “Kami bisa memproses kembali perizinan yang terbakar atau hilang karena arsipnya juga ada pada kami,  sehingga kami bisa proses itu gratis dan tidak dibayar lagi.”jelas Karel.

  Sementara untuk korban yang masa berlaku dari izin usahanya   sudah habis, Kata Tehupuring,  maka tetap pihaknya akan perpanjang. Namun pihaknya mengaku segan untuk menelepon langsung mereka yang masih trauma.

  “Pada saat kami telepon misalnya ada yang mengangkat Hpnya di kampung halaman dan menyatakan kami tidak lagi melanjutkan usaha atau sementara ini masih di kampung halaman untuk trauma healing, sehingga pada intinya kami selalu siap untuk memberikan pelayanan perijinan usaha bagi korban kerusuhan kemarin”katanya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *