Pemkot tetap Gandeng Pemilik Hak Ulayat Dalam Pengelolaan Obyek Wisata

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., menyerahkan DPA ke Kadis Pariwisata Kota Jayapura Matias B.Mano, S.Par.,MKP. ( Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kepala Dinas Pariwisata Kota Jaypura Matias B.Mano, S.Par.,MKP.,mengatakan, selama ini komitmen Pemkot dalam menggali potensi obyek wisata di Kota Jayapura sudah maksimal, hanya saja masih ada sedikit kendala dari kepala adat atau pemilik hak ulayat obyek wisata di tempat itu.

Untuk itu, hal yang dilakukan pemerintah supaya obyek wisata bisa tergali potensinya dengan baik, hal yang dilakukan yakni, Pemerintah menggandeng pemilik hak ulayat atau ondoafi setempat supaya dalam pengelolaan obyek wisata bisa maksimal tidak ada kendala.

“Kami sudah lakukan pertemuan dengan para pemilik hak ulayat dan ondoafi dalam membahas obyek wisata, kami tawarkan dalam membantu menyediakan sarana dan prasarana, mereka bisa memberikan tarif yang standar kepada pengunjung, sehingga tidak ada keluhan dari pengunjung saat berada di obyek wisata itu,”katanya, kemarin.

Menurutnya, untuk percontohan obyek wisata yang sudah melakukan kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Jayapura dalam memberikan tarif masuk dan sarpras yang ada, seperti sewa pondok, kamar kecil di pantai telah dilakukan di Pantai Hamadi dan Tanjung Cibery, dimana telah dipampang tarif sewa tempat, jadi pengunjung tidak akan membayar lebih dari sewa tempat yang disediakan di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *