Bupati Ingin Kembalikan Kejayaan Kakao

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE M.Si saat memimpin FGD terkait pengembangan perkebunan kakao di Kabupaten Jayapura, Senin (13/1). (Robert Mboik Cepos)

Dia menjelaskan, untuk mengembalikan kejayaan kakao di Kabupaten Jayapura itu, pihaknya akan mengganti baru atau mereplanting semua tanaman kakao yang sudah tidak lagi maksimal dalam hasil produksinya. Di Kabupaten  Jayapura ditargetkan sekitar 7300 hektar yang akan dikembangkan untuk perkebunan kakao baru.

“Kita minta ke mitra lain untuk membantu mengembangkan kakao ini.  Kita harapkan nanti ada sektor lain misalnya tanaman pangan, supaya di sela-sela lahan itu bisa ditanami palawija,”katanya.

Menurutnya, butuh waktu sekitar delapan tahun untuk mencapai target tanam yang diprogramkan itu. Karena, dalam se-tahun kemampuan tanam hanya sekitar 450 pohon, sehingga setidaknya butuh delapan tahun untuk bisa mencapai target tersebut.

Guna mempercepat itu, pihaknya tidak akan bekerja sendiri. Ada sektor lain juga yang didorong untuk membantu mempercepat kembalinya kejayaan Kakao di Kabupaten Jayapura itu.

“Kita lobi ke kementrian, ke provinai dan ada mitra-mitra juga,”jelasnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *