Tes SKD CPNS Dijadwalkan Akhir Januari

JAKARTA, Jawa Pos-Pertarungan untuk merebutkan posisi pegawai negeri sipil (PNS) segera dimulai. Naskah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah diserahkan pada Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Diagendakan, tes akan dimulai akhir Januari 2020.

Proses serah terima tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, di Jakarta, kemarin (13/1). Dengan diserahkannya soal SKD tersebut, maka tim Panselnas segera melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) badan kepegawaian negara (BKN) yang akan digunakan untuk seleksi.

Tjahjo menegaskan, pada proses penginputan soal nanti sangat diperlukan kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data. Oleh karena itu, dia meminta kepada seluruh Tim Panselnas yang terdiri dari Kementerian PANRB, Kemendikbud, BKN, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) agar mengawal kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian proses seleksi tersebut. ”Harus dijamin keamanan data,” ujarnyanya.

Untuk tahapan SKD, kata dia, bakal dimulai pada akhir Januari hingga Februari 2020 dengan ujian berbasis komputer (CAT). Materi SKD sendiri meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *