Kesadaran Warga Mengelola Sampah Masih Rendah

Ir.Hj.Ketty Kailola,M.Si. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura Ir.Hj. Ketty Kailola, M.Si., mengungkapkan sampai saat ini kesadaran masyarakat Kota Jayapura dalam menjaga kebersihan lingkungan masih dikatakan rendah, hal ini seiring dengan tingkat produsi sampah yang dihasilkan masyarakat masih sangat tinggi setiap bulannya dan untuk pengelolaan sampah juga belum maksimal dilakukan masyarakat.

Untuk itu, dalam rangka mendukung kebersihan Kota Jayapura, diharapkan masyarakat bisa menjaga kebersihan dengan cara bisa mengelola sampah yang dihasilkan masyarakat dengan cara 5R  Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Repair.

  “Untuk Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Replace berarti mengganti atau menggunakan barang yang sekali pakai saat beli bisa digunakan kembali, seperti saat berbelanja bisa bawa kantong belanja sendiri dan Repair yakni memperbaiki barang yang rusak bisa dipakai kembali,”ungkap Kepala DLHK Kota Jayapura Ketty.

   Ditegaskan, supaya sampah bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat,.maka diharapkan masyarakat bisa memilah dan memilih berbagai jenis sampah, seperti organik dan non organik serta menyiapkan tempat sampah yang berbeda-beda, supaya pada saat membuang sampah mana sampah basah, kering, organik bisa dengan mudah dilakukan 5 R.

Diakui, untuk penyediaan tempat sampah sesuai jenisnya di lingkungan pemerintah Kota Jayapura telah diterapkan, sehingga,  diharapkan kepada masyarakat, pelaku usaha, BUMN/BUMD, juga bisa menyiapkan tempat sampah yang berbeda-beda sesuai dengan jenis sampah yang dibuang. (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *