Jangan Selalu Berharap Jadi PNS, Banyak Bidang Usaha yang Bisa Digeluti

USAHA SENDIRI – Nengah Praja menunjukkan sayur selada di dalam green house miliknya di Koya Barat belum lama ini. Ia memilih berwirausaha menjadi petani kebun sawi dan selada karena dianggap sangat mudah dan masih menjanjikan.

Ngobrol Bareng Nengah Praja, Seorang Pemuda yang Banting Stir Dari Honorer PNS Memilih Berwisausaha

Ada kalimat mengatakan bahwa jika ingin kaya maka bekerjalah sebagai wiraswasta. Jangan jadi PNS. Dengan wiraswasta kita sendiri yang mengatur waktu kerja sebab kitalah bosnya meski dengan usaha kecil.

Laporan : Abdel Gamel Naser – Jayapura

Tak sedikit yang bermimpi ingin menjadi pegawai negeri sipil usai menamatkan sekolah. Bahkan orang tua dahulu baru akan merasa bangga jika sang anak bisa menggunakan seragam PNS. Tak hanya itu, ada juga kelompok masyarakat yang baru menikahkan anak perempuannya jika yang melamar adalah seorang PNS. Kalau pedagang biasa-biasa saja biasanya akan dipertimbangkan masak-masak karena adanya anggapan jika PNS sudah bisa menjamin hingga masa tua nanti. Tetap mendapat gaji dan jatah beras bulanan.

Tapi teori ini rupanya tidak masuk dalam kamus seorang pemuda bernama lengkap I Nengah Praja Kurniawan Sucipta. Pria kelahiran Wamena Januari 1989 ini justru memilih keluar dari tenaga honorer ASN yang sudah digeluti selama 19 tahun. Ia menganggap pengalaman selama jadi honorer sudah cukup dan meski peluang untuk menjadi ASN sangat terbuka ia memilih banting stir menjadi seorang petani. Baginya nasib dan rejeki seseorang sudah diatur oleh tuhan. Tinggal bagaimana menggeluti dan meyakini apa yang menjadi pekerjaan halal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *