DPMPK Fokus Penetapan APBK  2020

Elisa Yarusabra (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Pemerintah Kampung (DPMPK) Kabupaten Jayapura fokus pada penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK), Tahun 2020.

“Di awal 2020 ini kami dari DPMPK fokus persiapan penetapan APBK , Tahun 2020. Pertama, kita rekap hasil Musrenbang lalu kita dampingi untuk penetapan APBK,” kata kepada DPMPK, Elisa Yarusabra.

Menurutnya, hal itu diharapkan supaya  bisa terintegrasi antara RPJMD Tahun 2017-2022 dengan RPJMK. Kemudian dari langkah yang diambil itu, pihaknya sudah menyiapkan sesuai petunjuk Bupati Jayapura bahwa  pada pekan ini  DPMPK  melakukan pendampingan bersama Tim Ekonomi Kabupaten Jayapura yang diketuai langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, didampingi DPMPK dan  beberapa OPD lainnya.

“Terkait dengan integrasi tersebut, pesan bupati kemarin itu programnya tidak terlalu banyak dan kita hanya fokus empat atau lima program saja,” ujar Elisa.

Lanjut dia, di setiap wilayah akan disesuaikan dengan potensi sumber daya yang ada di masing masing kampung. Misalnya untuk kampung di wilayah  Pembangunan I atau kampung yang berada di wilayah I itu lebih fokus kepada perikanan keramba dan pariwisata.

Kemudian di Wilayah Pembangunan III itu, fokus pada komoditas Kakao dalam hal perkebunan, kemudian peternakan dan pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *