OAP Perlu Diprioritaskan Dalam Jabatan OPD Pemprov

JAYAPURA- Koordinator Forum Peduli Pembangunan Papua, Paskalis Boma, mengatakan bahwa lelang jabatan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua harus memperhatikan dan memperioritaskan orang asli Papua (OAP) sesuai dengan semangat dan roh dari Undang-Undang (UU) Otonomi Khusus (Otsus) Nomor 21 Tahun 2001 bagi Provinsi Papua.

Menurut Paskalis, saat ini telah dilakukan perampingan OPD di lingkungan Pemprov Papua dan telah dilakukan seleksi secara terbuka mengenai jabatan Esalon II dan Esalon III yang ada di masing-masing OPD. Seleksi atau lelang jabatan ini ditangani oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang dibawah Ketua Tim Seleksi (Timses) Sekda Provinsi Papua.

Untuk lelang jabatan atau seleksi jabatan Esalon II dan Esalon III di lingkungan Pemprov Papua selama ini sudah berjalan dengan aman dan baik serta sudah ada beberapa nama-nama yang dinyatakan lulus. Oleh karena itu, dalam penetapannya nanti mohon untuk memperhatikan orang asli Papua (OAP) di setiap jabatan OPD yang ada di Pemprov Papua.

Kata Paskalis, dengan semangat UU Otsus dalam Bab I Ketentuan Umum disampaikan bahwa kewenangan khusus yang diakui diberikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat Papua setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi dan hak-hak dasar masyarakat Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *