Hasil CPNS Formasi 2018, Tunggu Penyelesaian Pengisian 80% OAP

Peserta test CPNS sedang mengecek hasil di monitor beberapa waktu lalu

Terkait Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Formasi 2018

JAYAPURA-Pengumuman hasil seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Formasi tahun 2018 Provinsi Papua, sampai saat ini belum ada kejelasan. Sejak selesainya pelaksanaan seleksi tahun 2019 lalu, hingga awal 2020 ini belum jelas kapan hasil seleksi tersebut diumumkan.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional IX Jayapura, Drs. Paulus Dwi Laksono Harjono, MAP., yang dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Kamis (9/1) kemarin juga belum bisa memastikan kapan hasil CPNS formasi 2018 untuk Provinsi Papua serta kabupaten dan kota di Papua diumumkan.

Sebab, sampai saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menurut Paulus, sedang menyelesaikan pengisian 80% orang asli Papua (OAP) dan 20% non OAP di setiap kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua.

Paulus menjelaskan bahwa dari tes CPNS tahun 2018 yang dilakukan ternyata pembagian 80% OAP tidak terpenuhi. Hal ini karena sebagian besar para CPNS OAP melamar di daerah perkotaan. Padahal ada juga jabatan-jabatan yang dibutuhkan di daerah-daerah pedalaman yang ada di setiap kabupaten/kota.

Misalnya banyak OAP yang melamar CPNS di perkotaan, sementara di daerah pedalaman calon CPNS OAP jarang melakukan pelamar disana. Inilah yang menyebabkan tidak memenuhi kuota 80% OAP, karena calon CPNS banyak memilih formulasi daerah perkotaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *