Bupati Mamteng Apresiasi Suku Uyo

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH, MSi (kanan) bersama Kepala Suku Uyo saat bakar batu di Abe Pantai Distrik Abepura, Kamis (9/1) kemarin.

JAYAPURA-Masyarakat Distrik Kobakma dan Megambilis Kabupaten Mamberamo Tengah yang menetap selama tiga puluh tahun di Abe Pantai, Distrik Abepura kini bisa lebih tenang. Hal itu setelah, Pemkab Mamberamo Tengah melalui Bupati Ricky Ham Pagawak, SH., M.Si., merampungkan kompensasi  sebagai ucapan terima kasih kepada pemilik hak ulayat, yakni suku Uyo.

Sebagai ungkapan syukur telah tinggal puluhan tahun di tempat itu, ratusan masyarakat Mamberamo Tengah dari dua distrik itu menggelar bakar batu di Abe Pantai, Kamis (9/1) kemarin.

Selain dihadiri Bupati Ricky Ham Pagawak (RHP), pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Mamberamo Tengah dan masyarakat juga hadir, termasuk Kepala Suku Uyo, Pdt, Sepi Uyo.

Bupati Ricky Ham Pagawak dalam sambutan mengatakan, pemberian ucapan terima kasih kepada kepala suku Uyo, karena masyarakat dari Mamberamo Tengah, khususnya Distrik Kobakma dan Megambilis sudah tinggal secara gratis selama tiga puluh tahun.

“Mereka diberikan lahan untuk ditinggal secara gratis, maka kami memberikan ucapan terima kasih. Sebab dari tempat ini juga telah lahir banyak anak Mamberamo Tengah, yang kini berkarya di pemerintahan maupun legislatif,” ujarnya.

Menurut Bupati RHP, lahan yang diberikan sebagai tempat tinggal selama tiga puluh tahun oleh kepala suku Uyo bagi masyarakat Mamberamo Tengah juga tidak salah. Sebab mereka  punya jasa bagi orang pegunungan tengah dalam mengantar para misionaris untuk mewartawan Injil di kawasan pegunungan tengah termasuk Mamberamo Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *