Dinkes Pastikan PON Bebas Malaria

Khairul Lie (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, pada 2020 ini, ada sejumlah program kesehatan yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura. Namun yang menjadi fokus utama mereka adalah bagaimana penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Papua secara khusus di Kabupaten Jayapura itu harus bebas dari malaria.

“Kita akan fokus untuk program malaria di venue PON sehingga tamu yang datang tidak terinfeksi malaria,” kata Khairul Lie saat dihubungi, Rabu (8/1).

Menurutnya, upaya pengendalian malaria ini selain dilakukan di Venue PON juga di tempat penginapan seperti hotel-hotel dan asrama atlet yang ada di Kabupaten Jayapura. Untuk penanganan malaria di setiap tempat penginapan, pihaknya melakukan pengecekan malaria setiap tamu yang menginap di hotel. “Kita menjaga ketika mereka pulang dari Papua, tidak membawa kuman malaria dari Papua,” tuturnya.

Dikatakan, penanganan malaria di Kabupaten Jayapura saat ini masih menjadi persoalan yang harus dituntaskan. Sehingga itu akan menjadi salah satu program prioritas 2020.

“Untuk di kabupaten, pemberantasan malaria masih menjadi persoalan kita, itu masih masuk dalam program kita yang cukup prioritas di Tahun 2020,” bebernya.

Pihaknya masih tetap melakukan perluasan jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama sampai di kampung-kampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *