Aspek Afektif Punya Andil Besar dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Laorens Wantik, S.Pd., M.Pd.Si

Ngoborol Kebijakan Mendikbud soal Pengembangan Pendidikan di Indonesia

Memang tak ada habisnya berbicara sektor pendidikan di Indonesia. Apalagi kala menyinggung soal Mas Menteri Nadiem Makarim dengan berbagai kebijakannya. Yang terbaru dan tak kalah menarik ialah nilai sikap/perilaku peserta didik yang menjadi salah satu indikator kelulusan dari satuan pendidikan. Penasaran? Berikut Laporan Cenderawasih Pos

Laporan: GRATIANUS SILAS, Jayapura

Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, menetapkan kebijakan yang berkaitan dengan syarat kelulusan peserta didik di jenjang akhir.

Dalam hal ini, terdapat tiga syarat penting, yakni yang pertama, menyelesaikan seluruh program pembelajaran. Kedua, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik. Ketiga, mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Namun, dari ketiganya ini, tentu saja yang paling banyak menarik diulas tidak lain ialah syarat yang kedua, yakni nilai sikap atau perilaku minimal baik yang harus diraih oleh peserta didik dalam memenuhi dua syarat lainnya jikalau ingin lulus sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *