Rekrut Tukang Sapu Menjadi 700 Orang

Benhur Tomi Mano. (ERIK / CEPOS)

JAYAPURA – Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano MM terlihat kecewa usai melintas di Jembatan Yotefa Jayapura. Pasalnya saat menuju Pantai Mendug Teluk Yotefa ia menemukan banyak sampah disepanjang jalan. Sampah yang tentunya ditinggalkan oleh masyarakat yang datang berkunjung dan berswafoto dilokasi tersebut. Ia kembali menyampaikan bahwa ternyata kesadaran masyarakat soal kebersihan masih rendah.Hanya tahu bergaya tapi tak mampu menjaga.

Padahal berulang kali diingatkan bahkan telah dibuatkan regulasinya namun tetap saja masih ada yang tak memahami. “Saya tadi lewat dan ternyata sampah di kiri kanan jalan masih banyak sampahnya. Itu dibuang oleh warga pastinya,” kata Tomi Mano kepada wartawan dan peserta kegiatan penanaman, Selasa (7/1). Namun dikatakan pemerintah tak akan berhenti mengupayakan agar Jayapura bisa tetap terlihat bersih.

Pihaknya kini tengah merekrut 100 tenaga kebersihan khususnya tukang sapu untuk memaksimalkan pembersihan. Tomi Mano menyebut saat ini ada 600 orang yang sudah aktif dan ia menambah 100 sehingga berjumlah 700 orang. Akan tetapi dari penambahan ini bukan berarti warga tetap acuh tak tak peduli. “Harus bertanggungjawab dengan sampah sendiri,” jelasnya. Terkait ini, salah satu aktifis sosial Kota Jayapura, Gunawan melihat bahwa dari regulasi yang sudah ada seharusnya bisa diaplikasikan di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *