Opini LHP BPK Tahun 2019 Ditargetkan Meningkat

Markus O. Masnembra, SH, MM (Fiktor/Cepos)

BIAK-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menargetkan hasil pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan dan aset daerah di tahun 2019 mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Pemeriksaan atau audit awal dari tim audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua akan dilakukan Februari 2020.

  “Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah Biak Numfor sejak dua tahun terakhir, tahun 2019 sejumlah terobosan baru dalam hal pengelolaan keuangan dilakukan. Misalnya dengan penerapan sistem CMS (cash managemen system) atau traksaksi dengan non tunai dengan menggunakan sistem online, penertiban aset dan sejumlah lainnya, tentunya diharapkan menjadi poin dalam pemberian opini BPK nantinya,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra, SH, MM.

  Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa dalam beberapa tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Biak Numfor selalu mendapatkan opini disclaimer dari BPK atau tidak memberikan pendapat. Hal tersebut disebabkan karena masih ada catatan khusus dalam hal penertiban aset yang dinilai masih perlu diseriusi, demikian halnya dengan akumulasi utang daerah tahun-tahun sebelumnya.

  Dengan adanya upaya serius yang dilakukan pemerintah daerah dua tahun sebelumnya terhadap sistem pengelolaan keuangan dan penertiban aset, maka setidaknya diharapkan opini daru LHP BPK tahun 2019 dapat mengalami perubahan  menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *