Bukan Tanggung Jawab KPU Lanny Jaya

Yuli Kogoya (Noel/Cepos)

“Terkait penundaan pelantikan ini bukan wewenang KPU lagi. Wewenang itu ada pada Pemkab Lanny Jaya sehingga mereka harus memberikan alasan terkait penundaan pelantikan tersebut,” jelasnya.

Terkait hal ini, Yuli Kogoya meminta Pemkab Lanny Jaya dalam hal ini Sekwan DPRD Lanny Jaya untuk memberikan alasan terkait penundaan tersebut kepada anggota terpilih dan masyarakat Lanny Jaya. Sebab selama ini, pihaknya dalam hal ini KPU Lanny Jaya yang jadi sasaran pertanyaan dari calon terpilih maupun masyarakat. Sementara hal itu, bukan lagi menjadi kewenangan KPU Lanny Jaya.

“KPU juga berharap proses pelantikan anggota DPRD terpilih ini dapat berjalan cepat agar tidak terjadi kekosongan di parlemen. Sebab aturannya, pelantikan harus dilakukan cepat. Saya selalu ditelepon dan ditanya soal pelantikan dewan, padahal tugas kami sudah selesai,” tegasnya.

Sebagai penyelenggara, Yuli Kogoya berharap apabila ada penundaan pelantikan, pihak-pihak yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab terhadap proses pelantikan anggota dewan terpilih, agar menyampaikan kepada publik alasan penundaan. Supaya publik tidak mendapat informasi yang simpang siur.

“Saya berharap pemerintah daerah menyampaikan alasannya, supaya publik tidak mendapat informasi yang salah dan berkembang di kalangan masyarakat sehingga bisa bertolak belakang,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *