Baru 20 Kampung Cairkan Dana Desa Tahap Ketiga

Drs Alberth  Rapami, M.Si (Sulo/Cepos)

MERAUKE- Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Merauke  Drs. Alberth Rapami, M.Si mengungkapkan, bahwa sampai tanggal 18  Desember dimana  dana  desa terakhir  dicairkan ke  kampung hanya 20  dari 179 kampung yang   ada di Kabupaten Merauke yang dapat dicairkan  dana Desa tahap ketiga.

  “Sampai   tanggal 18 Desember 2019 kemarin, hanya 20 kampung yang    dana desa tahap  ketiga  bisa dicairkan.   Sementara  kampung lainnya  belum bisa dicairkan karena pertangungjawaban  pencairan  tahap  kedua belum  disampaikan,’’ kata  Alberth Rapami, kepada media   baru-baru ini.

   Meski begitu, lanjut Alberth Rapami, seluruh  dana desa tahun 2019  dari Pemerintah Pusat  telah dicairkan oleh Kementrian Keuangan ke rekening kas daerah Kabupaten  Merauke.   “Untuk dana seluruh  dana desa   tahun 2019 baik tahap pertama, kedua dan ketiga seluruhnya sudah  berada di kas  daerah,’’ jelasnya.

   Pencairan  dana desa tahap ketiga dari Kementerian Keuangan ke kas  daerah tersebut karena  75  persen dari dana  tahap pertama dan kedua telah dipertangungjawabkan oleh kampung yang ada di  di Kabupaten Merauke.  Karena   hanya  20 kampung  yang dapat mencairkan  dana desa tersebut, sehingga dana  kampung tahap  ketiga yang ada di dalam kas daerah tersebut menjadi Silpa  2019 dan   dapat dicairkan  pada tahun 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *