Pembangunan Rumah bagi Warga Kemiri Terus Dikebut

Lokasi pembangunan rumah warga korban bencana banjir bandang di belakang Gunung Merah Sentani. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Progres pembangunan rumah bagi warga Kampung Kemiri, Kelurahan Hinekombe, yang merupakan korban banjir bandang  Sentani, terus dikebut oleh pemerintah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jayapura, Sumartono mengatakan, saat ini pemerintah terus mengejar waktu agar pekerjaan rumah ini bisa selesai tepat waktu.

“Untuk program pembangunan rumah bagi warga Kemiri ini memang kita sedang menyiapkan semua,” kata Sumartono saat ditemui di lokasi pekerjaan rumah itu, Jumat (3/1).

Dia mengatakan, saat ini pekerjaan yang sedang dilakukan adalah akses jalan dan lorong saluran drainase, kemudian pondasi rumah. Sementara untuk kerangka rumah sudah didatangkan dan saat ini sudah ada di lokasi, tinggal dipasang. Ada 8 kontainer kerangka rumah knock down itu yang sudah siap pasang.

“Sementara proses pembangunan pondasi yaitu jalan, kami juga sedang membuat jalan-jalan lingkungannya,” bebernya.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun sarana saluran air bersih dan menyediakan jaringan listrik untuk kepentingan perumahan. Lebih lanjut dia mengatakan, untuk pekerjaan pembangunan rumah ini, Pemerintah Kabupaten Jayapura menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung. Sedangkan untuk bangunan perumahannya dilakukan oleh Buddha Tzu Chi. Setelah fondasi itu selesai dikerjakan nantinya akan langsung dipasang rumah sistem knock down. Pihaknya memastikan jumlah rumah yang akan dibangun di lokasi tersebut sebanyak 300 unit. Itu sesuai jumlah korban banjir bandang di Kampung Kemiri yang saat ini masih berada di Posko pengungsian.

“Kami minta dukungan dari masyarakat supaya pekerjaan rumah ini tidak menemui hambatan dan bisa selesai tepat waktu sehingga mereka bisa secepatnya menempati rumah ini,”tambahnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *