Terus Budayakan dan Promosikan Anggrek Papua

JAYAPURA- Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., mengatakan bahwa dalam semangat tahun 2020 ini, selain pemerintah, seluruh komponen masyarakat di Provinsi Papua harus mampu membangun Papua dengan talenta masing-masing, di berbagai bidang. Salah satu diantaranya tak lain merupakan pengembangan tanaman Anggrek Papua.

Menurut Wagub Tinal, petani Anggrek memiliki peran yang penting untuk menjaga dan merawat tanaman-tanaman Anggrek Papua dengan baik.

“Kita harus bangga karena di Indonesia yang begitu luas ini, di mana terdapat 5.000 lebih spesies Anggrek, 2600 spesies diantaranya terdapat di Papua. Dengan demikian, sudah menjadi tugas kita bersama untuk terus membudidayakan serta mempromosikan Anggrek secara luas,” ujar Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., Selasa (31/12) lalu.

Terlebih dengan adanya penyelenggaraan PON pada Oktober nanti, di mana para petani Anggrek melalui Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Provinsi Papua dapat menyuguhkan pertunjukkan tanaman Anggrek Papua melalui dekorasi yang menarik bagi para tamu, termasuk para atlet yang bertanding.

“Bayangkan saja, dari 5000 spesies Anggrek di Indonesia, setengahnya itu, yakni 2600 spesies, ada di Papua. Ini bukan kebetulan, melainkan karena Tanah Papua yang disayang Tuhan sehingga sumber daya alam kita melimpah. Sekarang tinggal bagaimana mengolahnya dengan benar sehingga memiliki manfaat yang baik,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *