Penyuluh Agama Jadi Ujung Tombak Cegah Isu Radikalisme

Kakanwil Kemenag Provinsi Papua, Pdt. Amsal Yowei (Yewen/Cepos)

JAYAPURA-Beberapa waktu lalu, Polda Papua telah menangkap jaringan sel teroris di Sentani, Kabupaten Jayapura. Banyak pihak menilai pemerintah dalam hal ini instansi terkait belum maksimal melakukan pencegahan terhadap ajaran, paham  radikalisme.

Kakanwil Kemenag Provinsi Papua, Pdt. Amsal Yowei yang ditemui wartawan  mengungkapkan bahwa penyuluh agama menjadi ujung tombak dalam menangkal dan mencegah isu-isu dan paham-paham radikalisme di Papua.

Menurut Yowei, selain pihaknya mempunyai tugas struktural di kantor, tetapi pihaknya mempunyai tugas fungsional di tengah-tengah masyarakat, yaitu melalui penyuluh agama yang tersebar di berbagai distrik yang ada di Provinsi Papua.

“Kita punya penyuluh agama di semua distrik yang ada di Papua, sehingga program deteksi dini  terhadap radikalisme dan lain sebagai bisa dilakukan pencegahan secara dini,” ungkapnya kepada wartawan, usai upacara hari amal bakti (HAB) Kanwil Kemenag Provinsi Papua di Mako Brimob Polda Papua Kotaraja, Jumat (3/1) kemarin.

Kata Yowei, jika nanti para penyuluh agama di setiap distrik ini menemukan adanya isu-isu ataupun paham-paham radikalisme di wilayahnya masing-masing, maka nanti akan segera diinformasikan, sehingga pihaknya akan bertemu dengan tokoh lintas agama yang ada di Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *