Jayapura Utara  Kesulitan Air Bersih

CARI AIR - Seorang pemuda meminum air dari tetesan tanaman daerah lembab di Bukit Angkasa, Distrik Jayapura Utara beberapa waktu lalu. Daerah Angkasa termasuk daerah yang mengalami kesulitan air bersih akibat beberapa mata air telah mengering. (Gamel Cepos)

“Saya pikir tak bisa lagi dengan himbauan. Himbauan tak bisa menyelesaikan masalah lingkungan. Harus ada ketegasan dan komitmen. Itu  harus tumbuh antara masyarakat dan pemerintah kalau mau bilang penyelamatan,” tambahnya.

Untuk wilayah Angkasa misalnya, Ormuserai mendapat laporan bahwa warga sedang kesulitan mendapatkan air bersih. “Intinya banyak mata air yang mengering dan ini tak lepas dari perambahan,” tambahnya. Seorang warga Jayapura Utara, Dirah tak menamping isu ini. “Sudah lama kami sulit dapat air bersih. Sekarang warga lebih banyak pesan air tangki dan kalau mau tunggu air PDAM itu kadang-kadang saja,” jelasnya. Warga lainnya bernama Kuncuro ikut membenarkan.

“Kalau kami sudah lama mengalami ini. Tidak tahu sampai kapan,” singkatnya. Sementara salah satu aktifis pekerja sosial  lainnya, Markus Imbiri menulis bahwa tak  menutup kemungkinan air bersih akan menjadi sesuatu yang mahal dikemudian hari. “Sudah harus dipikirkan, jangan sampai jatah beras tidak lebih berharga ketimbang jatah air bersih,” singgungnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *