Arus Balik Penumpang Masih Sepi

Salah satu pesawat Garuda Indonesia saat berada di Bandara Sentani belum lama ini.(Yohana/Cepos)

Namun secara rata-rata  baik  penumpang yang berangkat maupun      penumpang yang  tiba  di Merauke  menggunakan  transportasi udara menurut  Budiyoso rata-rata mengalami penurunan dibanding tahun    lalu.

‘’Kalau Kamis  kemarin   itu   total  yang tiba sebanyak 398  orang. Tahun lalu pada H+2 sebanyak 335 orang. Sementara   pada  H+1   penumpang yang tiba hanya 113  orang. Tahun lalu  sebanyak 220 penumpang,’’ bebernya.

Untuk  penumpang yang berangkat  dari Merauke,  juga  mengalami  trend negatif. Dari 14   hari dimulai dari H-6 sampai H+2, Kamis (2/1)  kemarin,  jumlah   yang  mengalami  trend  peningkatan sebanyak 6 hari. Sedangkan  8 hari  mengalami trend penurunan  dibandingkan tahun lalu. ‘’Misalnya   untuk H+1, jumlah yang   berangkat  tahun lalu sebanyak 346 penumpang. Tahun ini hanya 301 orang. Sementara    untuk H+2, jumah  yang berangkat tahun lalu sebanyak 432 penumpang dan tahun ini sebanyak 493 atau trend  positif,” tambahnya.

  Budiyoso memperkirakan,   penurunan  penumpang baik arus mudik maupun  arus balik  tahun  ini  akibat tingginya harga tiket. ‘’Banyak   yang mempertimbangkan   untuk tidak  melakukan perjalanan keluar  atua masuk  karena masalah  harga tiket yang relatif mahal,’’ pungkasnya. (ana/ulo/nat)    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *