Arus Balik Penumpang Masih Sepi

Salah satu pesawat Garuda Indonesia saat berada di Bandara Sentani belum lama ini.(Yohana/Cepos)

Diakuinya,  arus balik saat ini tidak seramai arus mudik pada saat Natal dan menjelang tahun baru. Saat ini tingkat isian pesawat juga tidak full. Kisaran 75-85 persen yang menuju ke Jayapura,  sedangkan untuk wilayah Jakarta,  Jawa dan Makasar tingkat isian pesawat full.

Sementara untuk menyambut PON XX,  pihaknya juga telah melalukan berbagai kesiapan sejak tahun 2018 lalu. Yakni dengan menambah flight dan membuka rute lama yang sebelumnya ditutup. Seperti rute Jayapura – Sorong. Serta penambahan rute baru yaitu Jayapura-Jakarta  langsung pada sore hari dari Jayapura. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam hal transportasi.

“Kami rencana tahun ini akan ada penambahan rute baru lagi. Namun untuk daerah mana masih menjadi rahasia,” jelasnya.

Kondisi yang sama juga terjadi di Bandara Mopah Merauke. Sampai dengan Jumat (3/1) kemarin, belum ada    peningkatan arus balik penumpang   yang menggunakan transportasi  udara.  Justru    yang terjadi adalah penurunan   jumlah penumpang  dibandingkan  tahun lalu.

Kasubag Tata Usaha Bandara Udara Mopah Merauke, Budiyoso memperkirakan, peningkatan  penumpang  arus balik akan   terjadi, Minggu  (5/1) besok dan Senin (6/1) lusa. ‘’Karena  orang mulai   masuk kerja   untuk Papua  pada Senin (6/1). Jadi kemungkinan  puncak   arus baliknya  pada Minggu dan Senin,’’ jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *