Kekuatan  Rakyat Harus Digerakkan

Mathius Awoitauw saat menyalami warga di Yoka, Kamis (2/1). (Robert Mboik Cepos)

Untuk Mempercepat Proses Pembangunan

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan, untuk mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Jayapura, tidak semata mata hanya menjadi tanggung jawab  pemerintah semata, tetapi kekuatan masyarakat juga harus digerakkan untuk mendukung proses pembangunan yang sedang berlangsung.

Hal ini disampaikan Bupati Mathius Awoitauw menjawab pertanyaan Cenderawasih Pos mengenai peran setiap OPD  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura selama 2019 dalam mengawal jalannya pembangunan.

“Saya belum ada catatan (evaluasi setiap OPD)  berdasarkan data data yang ada, tapi yang jelas  pembinaan OPD, evaluasi OPD, pasti dilakukan, evaluasi kinerja, keberhasilan bukan satu satunya pendekatan yang harus dilakukan, kita harus ada alternatif lain. Perlu ada gerakan kekuatan rakyat untuk mempercepat proses pembangunan. Bukan ditangan pemerintah saja,” kata Mathius Awoitauw, saat ditemui wartawan di Kampung Yoka, Kamis (2/1).

Oleh karena itu, menurutnya, dengan adanya pelimpahan sebagian  kewenangan ke tingkat distrik, yang mana menjadikan distrik sebagai  pusat pemberdayaan, pusat pelayanan publik, pusat data dan informasi. Hal  ini akan menggerakan kekuatan rakyat dalam membangun ke depan. Pemerintah dengan sistem birokrasinya itu penting, tapi kadang-kadang di sana terkesan terlalu menghabiskan waktu untuk mengurus birokrasi yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *