Dua Tiang Merubah Tekanan Arus Air, Petugas Pantai Harus Disiapkan

LOKASI BARU - Pantai Ciberi yang berada diujung Teluk Youtefa  menjadi satu destinasi wisata baru di Jayapura. Namun seiring munculnya pembangunan, ada perubahan lain yang harus disikapi terutama terkait dampak lingkungan. Terlihat warga berenang di lokasi tersebut, Kamis (2/1)(Gamel Cepos))

Menilik Sekilas Potensi Wisata Tanjung Ciberi yang Tak Lepas Dengan Persoalannya

Seiring dibangunnya Jembatan Youtefa  pelan tapi pasti sektor pariwisata mulai terbangun. Potensi wisata menjadi hal yang sangat menjanjikan. Tapi masyarakat mau tidak mau harus siap dengan perubahan termasuk yang berdampak pada lingkungan.

Laporan : Abdel Gamel Naser – Jayapura

Pantai ciberi yang berada di Kampung Engros Distrik Abepura terus berbenah. Lokasi yang dulunya dipenuhi pohon cemara, kelapa dan juga nyamuk kini terlihat terang, bersih dan mulai ramai dikunjungi warga. Seiring waktu Pantai Ciberi menjadi lokasi wisata yang menawarkan view kemegahan Jembatan Youtefa  termasuk air asinnya.

Hanya saja dari dibukanya spot wisata baru ini ternyata sudah ada beberapa orang yang tewas tenggelam. Terlepas dari takdir yang sudah digariskan, Cenderawasih Pos  mencoba menilik sekilas ke dalam tentang perubahan lingkungan apa yang terjadi dan apa yang seharusnya disikapi. Dampak dari pembangunan dipastikan terjadi perubahan di lingkungan sekitar nah jika ini tak diantisipasi maka bisa memberi dampak lain.

Jika melihat dari kondisi pantainya, Ciberi berbeda dengan Pantai Hamadi dimana Pantai Hamadi memiliki bibir pantai yang cukup panjang dan pasir yang juga membentang. Selain itu di depan pantai ditutup dengan batu pemecah ombak sehingga air yang masuk ke arah pantai dipastikan lebih soft dan tenang. Ini berbeda dengan Ciberi yang bibir pantainya terkikis oleh arus air dan kini tengah diakali dengan bebatuan karang. Proses abrasi juga dipastikan  terjadi sehingga perlu untuk dipikirkan dampak setelah  terjadinya abrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *