Dipanggil Tamu Besar, Prabowo Mengaku Anak Buah

Prabowo Jadi Tamu Pertama Jokowi di 2020

JOGJAKARTA, Jawa Pos – Jika tahun lalu tengah panas-panasnya, hubungan Presiden Joko Widodo dengan Prabowo Subianto kini tengah akrab-akrabnya. Bahkan, Jokowi menempatkan Prabowo yang kini menjabat Menteri Pertahanan sebagai tamu pertamanya di tahun 2020.

Pertemuan tersebut dilakukan di Ruang Garuda Istana Kepresidenan Yogyakarta, kemarin (1/1). Karena pertemuan berlangsung santai, kedua tokoh membawa putranya masing-masing. Jokowi ditemani anak bungsu Kaesang Pangerep, sementara Prabowo datang bersama anak sematawayang Didit Hedyprasetyo.

Usai pertemuan yang berlangsung selama satu jam, Presiden menyampaikan perlakuan spesialnya kepada Prabowo. “Tahun baru 2020, Pak Prabowo adalah tamu besar pertama yang saya terima,” ujarnya.Mendapat sanjungan, Prabowo sempat nyeletuk singkat. “Anak buah pak,” tuturnya.

Jokowi menuturkan, dalam pertemuan, ada banyak hal yang dibicarakan. Baik yang berkaitan dengan personal maupun pekerjaan. “Alhamdulillah tadi berbicara banyak hal baik yang berkaitan dengan urusan keluarga juga lebih banyak urusan negara,” kata Presiden. Namun, dia tidak mendetailkan soal urusan apa yang dibicarakan.

Prabowo menambahkan, kedatangannya untuk menyampaikan ucapan selamat tahun baru kepada Presiden. Dia mengaku beruntung, di sela-sela kesibukan, Presiden masih menyempatkan untuk menerima dirinya.

Selain itu, diakuinya, Prabowo juga menyampaikan laporan terkait dengan bidang tugasnya di Kementerian Pertahanan. “Karena saya sudah banyak keliling dan juga  lama enggak jumpa sehingga di sela-sela mengucapkan selamat tahun baru saya sampaikan juga sedikit perkembangan saya,” ujarnya.

Sama halnya dengan Jokowi, dia juga enggan membeberkan soal isu apa yang dibahas. Mantan Danjen Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu hanya menyebutkan jika perbincangan masih akan dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya.”Mungkin dalam waktu akan datang beliau akan kasih waktu lagi untuk lebih dalam, lebih rinci membahas langkah-langkah ke depan,” jelasnya.

Prabowo menuturkan, Presiden memiliki rencana besar dalam bidang pertahanan. Dan dirinya perlu mensinkronkan dengan agenda di lembaganya. ”Optimis prospeknya bagus, strategi kita juga bagus saya kira. Dan beliau punya langkah strategis,” kata Prabowo.

Terkait situasi di tahun 2020, Jokowi mengaku ada sejumlah tantangan sekaligus peluang yang harus dihadapi. Meski diliputi ketidakpastian global, Presiden optimis bisa melaluinya. ”Kita punya modal persatuan, kerukunan, dan kerja keras untuk menghadapinya,” kata presiden tiga cucu itu. (far/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *