Pemkab Pastikan GOR Toware Tetap Direnovasi

Nampak GOR Toware yang akan direnovasi untuk kepentingan PON 2020. Pemerintah Kabupaten Jayapura memastikan tidak akan melakukan pembayaran ulang untuk lokasi GOR Toware tersebut. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pertanahan memastikan tidak akan melakukan pembayaran ulang untuk lokasi GOR Toware. Pemerintah tetap akan melanjutkan renovasi GOR Toware untuk kepentingan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional 2020 mendatang.

“Tetap dikerjakan, karena itu jenis pekerjaanya tahun jamak,” kata Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Jayapura, Tery Ayomi saat ditemui di Kantor Bupati Jayapura Jayapura, Senin (30/12).

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Jayapura tetap membuka ruang komunikasi dengan pihak-pihak yang masih mengklaim kepemilikan atas lokasi bangunan GOR Toware itu. Pemerintah juga tidak akan membayar ulang untuk obyek tanah  yang sama, karena itu sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Kecuali apabila ada keputusan baru dari pengadilan terkait kepemilikan lahan tersebut.

“Intinya pemerintah sudah melakukan pembayaran ke salah satu pihak dan kami tidak akan melakukan pembayaran ulang untuk objek yang sama, tapi pemerintah tetap membuka komunikasi dengan masyarakat adat di sana,” katanya.

Menurut Tery, adapun bentuk kompensasi yang akan diberikan oleh pemerintah kepada pihak-pihak yang mengklaim kepemilikan atas tanah itu berupa uang lelah karena mereka juga sudah ikut membersihkan dan menjaga GOR Toware selama ini, secara khusus pada saat terjadinya bencana.

“Sifatnya kita hanya akan memberikan uang lelah, uang capek karena mereka juga ikut menjaga dan merawat GOR selama dipakai para pengungsi itu. Tapi untuk membayar seperti tuntutan mereka, kami pastikan itu tidak ada. Dan selama ini sudah ada komunikasi dengan mereka,” ungkapnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *