PMKRI:  Pemerintah Harus Melakukan Pendekatan Ke  KKB

Ketua Komda PMKRI Papua, Doni Donatus Gobai

JAYAPURA- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) melalui Komisaris Daerah (Komda) PMKRI Provinsi Papua, meminta kepada pemerintah pusat dan daerah, untuk membuka diri dengan memulai melakukan pendekatan terhadap Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berada di berbagai wilayah di Papua.

“Pemerintah harus membuka diri dengan memulai pendekatan yang persuasive terhadap OPM/KKB di Nduga, Intan Jaya, maupun di beberapa wilayah lain di Papua,” ujar Ketua Komda PMKRI Papua, Doni Donatus Gobai, saat ditemui Cenderawasih Pos Senin (30/12) kemarin.

Tidak hanya itu, menurut Doni, pendekatan dialog merupakan salah satu solusi yang paling bermartabat dalam menyatukan persepsi dan pandangan dari berbagai kelompok yang ada di Papua. Hal ini penting, agar pembangunan di Papua tetap berjalan aman, nyaman, dan damai. “Pendekatan dialog merupakan salah satu solusi yang paling bermartabat,”ucap mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Cenderawasih ini.

Doni, mengusulkan, agar segera melakukan gencatan senjata dan memulai dialog yang melibatkan berbagai pihak dan kelompok yang ada di Papua, guna mewujudkan kedamaian bersama di Papua. Dalam dialog ini harus mengundang semua pihak, termasuk para pihak yang bertikai selama ini di Papua. “Sebenarnya kalau mau selesaikan persoalan Papua  secara menyeluruh, maka harus melibatkan semua pihak,”paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *