Dukung PON, Kembangkan Pertanian Holtikuktura

Warga Kampung Ifar Besar saat memanen sayuran yang ditanam dengan menggunakan metode  vertikultur di Kampung Ifar Besar, Sabtu (28/12).(Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku mengatakan, dalam rangka menghidupkan perekonomian di kampung serta mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional, Tahun 2020 yang akan digelar di Papua, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program unggulan yang berkaitan dengan pertanian. Salah satunya adalah mengembangkan pertanian hortikultura dengan meningkatkan produksi sayur-sayuran di setiap kampung yang ada di sekitar daerah Danau Sentani.

Untuk itu,  pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung terkait dengan penggunaan anggaran dana kampung untuk menjalankan program tersebut.

“Tahun ini kami sudah buat di beberapa kampung, salah satunya di Kampung Ifar Besar dan saat ini sudah mulai panen untuk sayuran yang ditanam dengan menggunakan metode vertikultur,” kata Adolf Yoku kepada koran ini, Sabtu (28/12).

Dia mengatakan, program penanaman sayur melalui metode vertikultur ini juga dalam rangka mendukung sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Jadi penanaman sayur dengan metode vertikultur ini juga untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke setiap kampung,” katanya.

Selanjutnya mulai 2020, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Jayapura akan berkoordinasi dengan Bupati Jayapura dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Jayapura agar program ini bisa berkelanjutan dan disupport dari alokasi dana kampung yang disiapkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung. “Nanti secara teknis kami dari dinas. Dari kampung akan menyiapkan median dan bahannya,”ungkapnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *