Banyak Pendamping Tidak Laksanakan Tugasnya

Kepala Dominggus Kawai (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Kepala Distrik Waibu, Dominggus Kawai mengaku kecewa terhadap sejumlah tenaga pendamping dana desa yang tidak melaksanakan tugas pendampingan di setiap kampung.

“Kalau di Distrik Waibu yang melaksanakan tugasnya itu hanya sekitar  40% sedangkan sisanya tidak melaksanakan tugasnya,”kata Dominggus Kawai kepada wartawan di Sentani, Sabtu (28/12).

Menurutnya, ketidak seriusan tenaga pendamping dalam melakukan tugas pendampingan di setiap kampung telah berdampak terhadap hasil pengelolaan  keuangan yang masuk di setiap kampung.  Lanjut dia, latar belakang pemberian dana untuk setiap kampung yang ada di Distrik Waibu itu karena adanya program yang dibuat oleh kampung itu sendiri. Sehingga untuk mengelola dana desa,  perlu disiapkan secara baik SDM-nya.

Dikatakan, kehadiran tenaga pendamping di kampung-kampung tidak cukup untuk mengatasi persoalan yang ada terkait dengan pengelolaan dana kampung yang benar.

Seharusnya, aparat kampung dan para kepala kampung disiapkan SDMnya, bagaimana cara mengatur dan mengelola dana itu.

“Kita bicara bukti, kenapa sampai ada laporan terlambat, ada temuan. Pendamping itu tugasnya untuk mendampingi, kenapa sampai hal-hal teknis semacam itu masih saja terjadi,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *