Wisata Mangrove Mulai Digerakkan

EKOWISATA – Pintu masuk tracking hutan mangrove di Pantai Hamadi tengah  dikerjakan untuk dijadikan satu spot wisata di Jayapura. Lokasi ini juga bisa dijadikan lokasi ekowisata dan edukasi bagi masyarakat di Jayapura. Foto diambil 24 Desember 2019.(GAMEL/CEPOS)

JAYAPURA – Potensi hutan mangrove atau hutan bakau yang ada di Jayapura dikatakan sayang jika tak digarap dengan baik. Dengan kondisi bibir pantai yang dimiliki, Kota Jayapura sejatinya bisa menggarap potensi tersebut menjadi destinasi eko wisata. Jadi selain berwisata, pengunjung juga bisa belajar tentang lingkungan pesisir termasuk persoalan konservasi. Dinas Kehutanan Provinsi Papua sendiri kini tengah menggarap ini dengan menyiapkan satu spot  yang nantinya bisa dipakai khalayak untuk mengenal hutan mangrove.

“Kami  lihat potensinya ada dan selama ini belum tergarap sehingga tahun ini kami coba masuk. Ada tracking yang kami bangun untuk wisata mangrove dan nantinya dikelola oleh masyarakat adat,” kata Kepala Dinas Kehutanan Papua, Yan Ormuserai, Jumat (27/12). Ia menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan fasilitas dan masyarakat adat yang mengelola sebagai bentuk pemberdayaan. Tinggal bagaimana setelah spot tersebut jadi dan beroperasi bisa dijaga  dan dipelihara.

  “Yang penting disitu, masyarakat harus bisa memberdayakan dirinya dengan mengelola potensi yang dimiliki dan semua harus dijaga. Nantinya kami juga meminta teman-teman komunitas lingkungan termasuk dari Rumah Bakau Jayapura untuk bisa terlibat memberikan edukasi bagi pengunjung, jangan lokasi dibuka malah  jadi masalah baru dalam lingkungan. Kami tak mau seperti itu,” imbuhnya.

  Sementara Boy Markus Dawir selaku pemilik ulayat menyampaikan bahwa dari tracking yang dibuat nantinya akan di design hingga mengitari bukit dan menghubungkan spot pertama dan kedua. “Kami berterimakasih karena pemerintah telah memulai dan kami sepakat untuk bisa mengelola termasuk memastikan jika kondisi hutan tetap terjaga,” jelasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *