ASN Terima Gratifikasi, Siap Kena Sanksi

Dr.Frans Pekey, M.Si. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kepala Sekretaris Daerah Kota Jayapura Dr.Frans Pekey, M.Si.,menegaskan dalam rangka memperingati Hari Natal 25 Desember dan pergantian tahun 2019-2020, melarang seluruh ASN dilingkungan Pemkot terutama para pimpinan OPD  menerima parsel pengganti tunjangan hari raya, karena dalam aturan sudah jelas ini juga bisa masuk sebagai gratifikasi. Sehingga bagi yang terbukti melanggar tetap akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

   “ASN harus kerja tunduk pada aturan, salah satunya dilarang menerima parcel pengganti THR saat perayaanhari natal atau hari raya Idul Fitri, termasuk jangan menggunakan mobil dinas untuk keluarga,”pesannya.

Aturan ini jelas bahwa, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeluarkan Surat Edaran (SE) mengenai larangan Aparat Sipil Negara (ASN) menerima parsel dan menggunakan mobil dinas terkait Hari Raya Natal dan Lebaran Idul Fitri.

Dimana, larangan KPK tersebut sama dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh kementerian Menpan RB, Aturan ini sudah berlaku sejak tahun sebelumnya.  Sehingga, Sekda berharap, ASN juga harus bijak dan masyarakat juga harus sadar jangan ada yang memberikan parsel kepada ASN, karena ini bisa dianggap gratifikasi.(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *