Alumni Adalah Cermin Kualitas Dari Sebuah Perguruan Tinggi

Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safampo, ST, MT, didampingi oleh Bupati Lanny Jaya yang juga alumni Uncen, Befa Yigibalon, SE, MM, Ketua Panitia Seminar Nasional dan Kongres Alumni Benyamin Gurik, S.IP, saat membuka kegiatan kongres perdana alumni Uncen di Auditorium Uncen, Jumat (20/12). (Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Alumni Universitas Cenderawasih menggelar kegiatan seminar nasional dan kongres perdana alumni yang berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih, Jumat (20/12). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safampo, ST, MT, bersama-sama dengan perwakilan alumni yang juga Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalon dan para alumni lainnya.

Rektor Universitas Cenderawasih, Apolo Safampo, mengungkapkan bahwa alumni merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah perguruan tinggi. Oleh karena itu, peran alumni sangat penting dalam pengembangan kualitas sebuah universitas, khususnya Universitas Cenderawasih (Uncen) yang merupakan perguruan tinggi pertama dan tertua di Papua.

“Alumni adalah bagian dari universitas. Oleh karena itu, alumni adalah cermin dari kualitas sebuah universitas, karena kontribusi atau perannya selama ini di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya kepada wartawan di Auditorium Uncen, Jumat (20/12).

Kata Apolo, semakin banyak alumni yang berkarya dan melayani masyarakat, maka akan semakin menunjukkan kualitas sebuah universitas. Apalagi Uncen sendiri adalah universitas tertua, sehingga banyak alumninya yang saat ini telah berkarya dan berkontribusi dalam melayani masyarakat di Papua, Indonesia, bahkan di negara lainnya.

“Mari kedepan kita satuan barisan sebagai alumni dari Uncen, untuk mengambil peran dalam pembangunan diberbagai bidang, terutama pembangunan sumber daya manusia (SDM),” katanya.

Sementara itu, mewakili alumni yang juga Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalon, SE, M.M, mengungkapkan bahwa wadah alumni Universitas Cenderawasih (Uncen) harus ada, sehingga bisa ikut berpartisipasi penuh dalam mendorong dan memberikan dukungan terhadap Uncen kedepannya.

“Saya salah satu alumni yang hadir, karena saya pikir ini penting. Apalagi kebesaran alumni tidak terlepas dari Uncen. Oleh karena itu, alumni harus tahu bahwa dia dibesarkan karena almamater, sehingga harus bisa berkontribusi,” ungkapnya.

Befa, memberikan apresiasi terhadap kongres perdana Alumni Uncen yang dilaksanakan ini. Karena akan dapat melahirkan terobosan baru dalam mendukung lembaga Uncen sebagai lembaga pendidikan tinggi kedepannya di Papua.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Nasional dan Kongres Alumni Uncen, Benyamin Gurik, S.IP, mengatakan bahwa kegiatan kongres alumni ini berjalan, karena atas dukungan para alumni Uncen di seluruh daerah maupun dari lembaga Uncen.

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Lanny Jaya selaku alumni yang telah memberikan dukungan, kami juga terima kasih kepada Bupati Jayapura selaku alumni dan juga Ketua Alumni Fakultas Ekonomi yang telah memberikan dukungan, Pemprov Papua, dan Alumni Uncen serta lembaga Uncen,” ucapnya.

Benyamin, menyadari bahwa tidak semua alumni bisa hadir, karena berkaitan juga dengan momen natal. Namun demikian, kegiatan kongres alumni Uncen ini tidak bisa juga ditunda, karena tahun 2020 tentu banyak agenda nasional, seperti PON ke XX tahun 2020, dan pilkada serentak dibeberapa kabupaten. Oleh karena itu, pihaknya tetap berkomitmen untuk menyelenggarakan kongres alumni Uncen ini.

“Kongres alumni tidak bisa kami tunda, sehingga kami akan laksanakan dan bentuk pengurus alumni, sehingga nanti pelantikan bisa dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang,” ujarnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *