Waspada Sebelum Tinggalkan Rumah

Iptu Jahja Rumra. (Elfira/Cepos)

Polisi Ingatkan Masyarakat yang Libur Panjang

JAYAPURA- Memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020, tak sedikit warga yang memanfaatkan waktu lowong tersebut untuk keluar kota. Apalagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Papua sudah diliburkan sejak 18 Desember 2019.

Namun,  warga di Kota Jayapura diimbau untuk memastikan rumahnya dalam kondisi aman terlebih dahulu sebelum bepergian atau meninggalkan rumah. Hal ini agar terhindar dari kebakaran maupun aksi maling.

Kasubbag Humas Polresta Jayapura, Iptu Jahja Rumra mengatakan, libur panjang tak jarang mengundang petaka, mulai dari kebakaran, aksi pencurian, kecelakaan dan lainnya. Karena itu, warga diminta mewaspadai sebelum meninggalkan rumahnya.

“Biasanya saat Natal, warga saling mengunjungi keluarganya untuk bersilaturahmi. Tapi sebelum keluar rumah, pastikan dulu rumahnya dalam keadaan terkunci dan peralatan eloktronik dalam keadaan mati atau cabut aliran listriknya dari stop kontak,” ucap Jahja kepada wartawan, Kamis (19/12).

Jahja juga mengharapkan para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak bermain petasan atau kembang api. Jika lepas pengawasan, dikhawatirkan dapat memicu terjadinya kebakaran.  “Tahun lalu di daerah Waena terjadi kebakaran akibat petasan dan kembang api. Di lokasi lainnya, ada kebakaran karena lilin. Hal ini harus menjadi perhatian semua warga,” pintanya.

Dirinya juga meminta warga Kota Jayapura agar tak mengonsumsi miras yang bisa memicu aksi kriminalitas dan kecelakaan di jalan raya. Pasalnya, angka laka lantas cenderung meningkat jelang malam pergantian tahun akibat miras.

“Ini kan bulan damai, jadi fokus saja beribadah dan memanfaatkan waktu libur dengan hal-hal positif, jangan miras atau lainnya,”pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *