Wakapolresta Pimpin Lat Pra Ops Lilin Matoa 2019

Wakapolresta Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, didampingi Kabag Ops Polresta Jayapura Kota Nursalam Saka, pimpin Lat Pra Ops Lilin Matoa 2019 Polresta Jayapura Kota dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Aula Mapolresta Jayapura Kota, Rabu (18/19) kemarin. (Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Wakapolresta Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, didampingi Kabag Ops Polresta Jayapura Kota Nursalam Saka, pimpin Lat Pra Ops Lilin Matoa 2019 Polresta Jayapura Kota dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam merayakan Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020, di Aula Mapolresta Jayapura Kota, Rabu (18/19).

Wakapolresta Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto menyampaikan dilaksanakannya Lat Pra Ops Lilin Matoa 2019 mengingat dan menimbang segala sesuatu kesiapan dalam pelaksanaan operasi sehingga segala sesuatunya dalam operasi dapat berjalan sebagaimana mestinya, maksimal dan profesional.

“Saya harapkan pemberi materi dapat memberi gambaran kepada para anggota kita dalam pelaksanaan oprasi lilin nantinya,  Oprasi Lilin tidak jauh beda dengan oprasi Ketupat yang mana mengedepankan fungsi lalu lintas serta dengan melibatkan fungsi pendukung lainnya,” kata Kompol Heru.

Selain itu Wakapolresta mengatakan agar kiranya personil harus memahami teknis dan taktis tugas pokok kepolisian yang meliputi hakekat ancaman, Polis hazard dan Ancaman faktual. “Menyambangi masyarakat guna mengetahui situasi kondisi kamtibmas, jika kita ketahui situasi dan kondisi kamtibmas maka ancaman faktual dapat dihindarkan. Masing-masing satuan fungsi agar mendalami, memahami dan mengaplikasikan secara profesional  tugas pokoknya, saya harap Polresta beserta personilnya menjadi barometer,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Jayapura Kota Nursalam Saka mengharapkan semua anggota di masing-masing satuan fungsi agar memahami baik secara teknis dan taktis tugas pokoknya. “Masing masing satgas harus mengetahui teknis dan taktis tugasnya serta mendasari terget operasinya,” katanya.

Terkait dengan Operasi Lilin Matoa 2019 adalah bersifat terbuka dalam operasi  harkamtibmas yang dilaksanakan dengan mengedepankan tindakan pencegahan dan penangkalan pada seluruh rangkaian kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 dengan sasaran target operasi, tujuan  operasinya adalah terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat yang merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Adapun yang perlu diantisipasi pada saat dan pasca perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 adalah anomali cuaca, harga bahan pokok meningkat tajam, Infrastruktur jalan, tradisi budaya Natal dan Tahun Baru, agenda/aksi kelompok yang bersebrangan dengan NKRI, transaksi uang, aksi kriminalitas terhadap masyarakat dan aparat keamanan. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *