Jelang PON dan Pemilukada, Anggota Diminta Waspada

Upacara bulanan di lapangan apel Mapolda Papua, Selasa (17/12). Dimana upacara tersebut dipimpin Irwasda Polda Papua Kombes Pol Mulyadi Kaharni. (Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Mencermati perkembangan situasi politik dan kamtibmas yang terus berubah serta tantangan tugas ke depan yaitu pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Tahun 2020 serta pengamanan Pemilukada serentak, seluruh anggota Polda Papua diminta untuk selalu waspada dan terus memonitor setiap perkembangan situasi yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua.

Irwasda Polda Papua Kombes Pol Mulyadi Kaharni mengingatkan anggota apabila ada hal-hal yang akan menyebabkan timbulnya gejolak sosial dan terjadinya kasus-kasus menonjol di masyarakat agar hal tersebut segera dilaporkan dan segera ditangani secara cepat, tepat dan tuntas.

“Sehingga tidak berdampak luas terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucap Kombes Pol Mulyadi Kaharani yang memimpin upacara bulanan di lapangan apel Mapolda Papua, Selasa (17/12).

Ia juga memberikan penghargaan kepada seluruh anggota Polri jajaran Polda Papua yang dengan dedikasi yang tinggi, telah melaksanakan tugas kepolisian dengan baik sesuai fungsi dan perannya masing-masing khususnya dalam menghadapi beberapa kalender Kamtibmas pada bulan Desember ini sehingga situasi Kamtibmas tetap dalam keadaan kondusif.

“Kita harus tetap melanjutkan tugas kita dalam rangka Harkamtibmas dengan mengedepankan fungsi Kepolisian preventif dengan peningkatan pelaksanaan Patroli kepolisian yaitu, dengan patroli dialogis dan penggelaran personil Polri pada hotspot yang telah ditentukan guna mencegah terjadinya peristiwa unjuk rasa anarkis kembali terjadi,” terangnya.

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan operasi kepolisian terpusat itu operasi lilin dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2019 dan Tahun baru 2020 yang akan digelar selama 10 hari terhitung mulai tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Ia mengharapkan agar anggota melakukan persiapan dengan baik termasuk posko dibuat agar memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kepada personil yang terlibat dalam operasi juga diharapkan jangan hanya statis di dalam posko saja melainkan mobile monitor harus lalu lintas, apabila ditemukan simpul-simpul kemacetan Segera lakukan pengaturan lalu lintas.

“Kapolri menegaskan bahwa Polri akan mengoptimalkan pelayanan masyarakat serta membentuk beberapa satgas yaitu satgas bencana alam, satgas pangan dan satgas BBM. Oleh karena itu, kita harus sungguh-sungguh dalam melaksanakan amanah ini mengingat di wilayah kita mayoritas masyarakatnya merayakan Natal,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *