Perda Miras Tanpa Pasal Penindakan

Fritz Rumayomi (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP) Kabupaten Jayapura pada Tahun 2019 ini berhasil mengamankan puluhan botol Minuman Keras (Miras) berlabel di beberapa lokasi yang dijual secara ilegal.

Kepala Satpol PP Kabupaten Jayapura, Frits Rumayomi mengatakan, upaya itu dilakukan sebagai tindak lanjut Perda Miras yang mengatur tentang pembatasan penjualan Miras di Kabupaten Jayapura. Hanya saja, Perda tersebut tidak disertai dengan pasal penindakan, sehingga kewenangan Satpol PP hanya sebatas menyita apabila ada penjualan Miras secara ilegal di Kabupaten Jayapura.

“Perda Miras tidak mengatur tentang penindakan, hanya pembatasan penjualan. Jadi apabila ada yang menjual Miras, kami akan lakukan penyitaan,” katanya.

Dia mengatakan, untuk memberantas Miras ilegal di Kabupaten Jayapura memang cukup sulit, karena masyarakat yang menjual Miras tersebut selalu punya cara untuk menghindari kejaran petugas. Apalagi Perda tentang Miras yang dimiliki Pemkab Jayapura tidak mengatur tentang penindakan. Meski begitu kata dia, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan di lapangan terkait peredaran Miras tersebut.

“Ada beberapa yang sudah kita sita dan sedang menunggu proses pemusnahan,  yang tahu jumlahnya itu Kepala Bidangnya,” terangnya.

Dia menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah mendata beberapa lokasi yang kerap dijadikan sebagai tempat penjualan Miras ilegal di Kabupaten Jayapura. Sejauh ini, pihaknya sudah menyita puluhan botol Miras dari beberapa lokasi seperti di Distrik Waibu, Doyo dan di sekitar Kompleks Pasar Lama Sentani.

“Sebenarnya ada banyak titik yang sudah kita pantau, tapi mereka sekarang sudah lebih canggih ketika mereka tahu ada penertiban, mereka langsung pindah, jadi memang sulit untuk ditemukan,” tambahnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *