Warga Masih Saja Acuh dengan Kebersihan

Komunitas Litter Pickers bersama Rumah Bakau Jayapura dan Clean the City Jayapura tengah memungut sampah di Jembatan Youtefa Sabtu (14/12) lalu. (Gamel/cepos

Ludah Pinang, Parkir Hingga Duduk di Railing Juga Masih Ada

JAYAPURA – Patroli ketertiban yang dilakukan Satpol PP bersama Satlantas nampaknya harus terus dilakukan dan jangan terputus. Pasalnya meski telah dijelaskan berulang-ulang soal aturan terkait dilarang berhenti di jembatan hingga tak boleh menaiki atau nongkrong di railing jembatan ternyata masih banyak warga kota yang gagal paham. Hanya untuk eksis akhirnya melanggar aturan, padahal berpendidikan.

Ini yang terlihat dari pantauan Cenderawasih Pos saat mengikuti kegiatan bersih Jembatan Youtefa  yang dilakukan Jayapura Litter Pickers bersama Rumah Bakau Jayapura dan Clean the City Jayapura. Tak sedikit motor maupun mobil yang masih nongkrong di pinggir jalan bahkan ada juga plat merah. “Seperti semua yang datang ke lokasi jembatan ini berpendidikan apalagi yang pakai mobil. Pasti tahu baca dan menulis jadi seharusnya mereka paham mana aturan yang harus ditaati. Ini malah main parkir sembarang mengganggu pengguna jalan,” sindir Megi Nando dari Rumah Bakau Jayapura.

Diujung jembatan juga terlihat dua pemuda yang menduduki railing jembatan. Meski sudah beberapa  kali kejadian orang jatuh bahkan memakan korban ternyata ada saja yang nekat melakukan hal serupa. “Sepertinya mahasiswa, motornya juga mode tapi entah dimana pikiran rasionalnya, mungkin biar dibilang keren padahal konyol,” sindir Megi. Sementara dari aksi bersih sampah ini komunitas lingkungan menggandeng mobil sisir Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Jayapura. Keduanya sama-sama membersihkan sepanjang jalan mulai dari lokasi parkir berbayar hingga ujung jembatan.

“Tadi ada ditemukan banyak  gelas botol plastik termasuk baki pembuat kue. Ada juga plastik tepung. Kami bingung apakah ada yang  membuat kue di jembatan ini,” sindir Acel dari Jayapura Litter Pickers. Sebelumnya Wakil Wali Kota, Ir Rustan Saru MM secara tegas meminta semua yang melanggar untuk ditindak. “Saya perintahkan Satpol PP dan instansi terkait sama-sama menertibkan. Jika melanggar lalu lintas tindak saja termasuk yang masih duduk di atas railing, tindak saja,” tegasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *