Sembilan Tersangka Kerusuhan Wamena Dilimpahkan

Satu tersangka kerusuhan Wamena yang dilakukan penyerahan dari  Satreskrim Polres Jayawijaya ke Kejari Jayawijaya yang disaksikan Kuasa Hukum tersangka.(Denny/Cepos

WAMENA-Kapolres Jayawijaya melalui Kasat Reskrim AKP. Suheriadi mengungkapkan bahwa  dari kasus kerusuhan Wamena, sebenarnya yang ditangani oleh Polres Jayawijaya itu ada 19 orang yang dilakukan pemberkasan. Namun dari jumlah tersebut,  9 orang sudah dilampahkan ke Kejaksaan Negeri Jayawijaya, kemudian 2 tersangka anak di bawah umur dilakukan deversi yakni RU dan AW.

  “Sementara 3 tersangka dilakukan pelimpahan ke Polda dan  4 orang lainnya masih menunggu  P-21 dari jaksa atau berkas perkaranya dinyatakan lengkap karena saat ini masih dalam P-19 atau melengkapi berkas perkara,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos via selulernya, Minggu (15/12)

  Sementara untuk satu orang lainnya, Kata Kasat Reskrim Polres Jayawijaya, masih menindak lanjuti surat perintah dimulai penyelidikan (SPDP) atas nama SY merupakan pelaku pembakaran toko Bina Teknik yang berada di jalan hom –hom pada saat kerusuhan terjadi 23 September lalu.

“Yang ditangani Polres Jayawijaya 9 orang, telah diserahkan 2 orang diversi, 4 orang masih P-19 dan 1 orang SPDP, jumlah totalnya 16 orang,” kata Suheriadi.

   Menurutnya, untuk 9 orang yang telah diserahkan ini, dilakukan secara menyicil dan tidak dilakukan bersamaan, lantaran jaksa yang menangani kasus tersebut itu berbeda –beda. Artinya setiap tersangka ini memiliki jaksa penuntut yang berbeda, sehingga kalau ada berkas yang dinyatakan selesai itu langsung dilakukan pelimpahan.

  “Jadi kita tidak limpahkan 9 orang ini sekaligus, kita lakukan bertahap, mana yang berkas perkaranya telah dinyatakan lengkap oleh jaksa itu kita limpahkan langsung,” jelas Suheriadi.

   Ia memastikan jika, untuk 4 orang tersangka lainnya, saat ini yang masih melengkapi berkas, apabila  dalam waktu dekat ini dinyatakan berkasnya lengkap berati penyerahannya bisa dilakukan pada tahun ini, kalau seandainya   masih dinyatakan ada yang harus dilengkapi lagi mungkin akan dilakukan di tahun depan.

  “Kami masih terus berkoordinasi dengan kejaksaan untuk kembali menyerahkan 4 orang tersangka lain dalam kasus kerusuhan Wamena, namun kalau berkas yang dibutuhkan belum lengkap maka kami mungkin akan melimpahkan di tahun depan,” bebernya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *