Gunakan Dana Desa, 65 Pondok Wisata Diresmikan

Sebanyak 65 buah pondok wisata di Pantai Anggopi  Distrik Oridek, Biak Numfor yang dibangun menggunakan dana desa diresmikan, Sabtu (14/12). (Fiktor/Cepos)

BIAK-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor secara bertahap terus melakukan penataan terhadap objek-objek wisata. Salah satunya adalah dengan pembangunan Pondok Wisata di Pantai Anggopi, di Distrik Oridek. Sebanyak 65 Pondok Wisata telah tuntas dibangunan dan diresmikan oleh Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Biak Numfor, Setyo Budi, S.Sos.,M.AP, Sabtu (14/12).

  “Upaya penataan objek-objek wisata di Kabupaten Biak Numfor terus dilakukan,  dengan melibatkan semua pihak. Kolaborasi antara pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam melakukan penataan memang sangat penting dan itu sudah berjalan,” kata Setyo Budi membacakan sambutan tertulis Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd.

   Peresmian Pondok Wisata Anggopi itu dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen dan anggota dewan lainnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor  Turbey Onny Dageubun, S.Pi.,M.Si dan sejumlah pejabat lainnya.

  Plt. Kepala Kampung Anggopi Matan Rumsawir menggatakan, awalnya ada 100 pondok wisata yang akan dibangun, namun karena anggaran belum cukup, maka yang sudah tuntas 65 unit. “Ini kami bangun menggunakan dana desa dan masyarakat ikut mengambil bagian dalam pembangunannya,” ujarnya.

   Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey Onny Dageubun mengatakan, bahwa secara terprogram dan berkelanjutan penataan objek wisata di sejumlah titik menjadi perhatian serius oleh pemerintah daerah. Di Pantai Anggopi misalnya, di tahun 2020 mendatang direncanakan akan dibangun toilet yang representatif, Panggung Seni, Gazebo dan Pondok Kuliner.

    “Visi misi Pak Bupati menjadikan salah satu sector unggulan adalah sector pariwisata, oleh karena itu penataan terhadap objek wisata menjadi perhatian serius pemerintah,” tandasnya.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *