Semua Perusahaan Diminta Segera Bayarkan THR

Melkyanus Bosewer, SE (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Kepala UPTD Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Papua, Melkyanus Bosewer, SE meminta kepada seluruh perusahaan yang mempekerjakan karyawan yang ada di Papua, secara khusus di Kabupaten Jayapura agar segera membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Natal kepada seluruh karyawannya sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

“Itu sesuai dengan amanat peraturan menteri nomor 6  Tahun 2016 terkait ketentuan pembayaran THR,” kata Melkyanus Bosewer, SE di Sentani, Jumat (13/12).

Menurutnya, dalam ketentuan dan peraturan tersebut ditegaskan kepada seluruh pimpinan perusahaan agar melakukan pembayaran THR selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari raya. Selain itu, besaran THR itu juga dihitung senilai gaji sebulan sebelumnya dan tidak dipotong administrasi apapun.

“Dibayar sesuai jumlah upah bulan sebelumnya,” katanya.

Sementara itu,  R.Yudi Harsono, SH. selaku pengawas madya  dan penyidik untuk urusan lapangan UPTD Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Papua mengatakan, dalam rangka memastikan setiap perusahaan yang ada di Provinsi Papua dan  di Kabupaten Jayapura melakukan kewajiban itu, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara langsung di setiap perusahaan setelah tahun baru nanti.

“Nanti 5 Januari kami melakukan pemeriksaan di setiap perusahaan untuk memastikan setiap pemilik perusahaan atau pimpinan perusahaan itu membayar THR tepat waktu,” ungkapnya.

Dia menegaskan, bagi perusahaan yang melanggar ketentuan tersebut, dipastikan akan dipidana sesuai prosedur hukum yang berlaku. Dimana pihaknya  akan melakukan BAP terhadap setiap perusahaan yang terbukti melakukan pelanggaran atas ketentuan itu.”Ancaman itu bisa kurungan 3 bulan,”tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *