Pemkab Hanya Siapkan Bantuan Biaya Studi Akhir

Ted Y. Mokay (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Y. Mokay menegaskan, hingga saat ini, Pemkab Jayapura masih terus memberikan bantuan pendidikan bagi sejumlah mahasiswa yang menempuh pendidikan S1 maupun S2. Hanya saja, bantuan pendidikan tersebut hanya diberikan kepada mahasiswa yang masih aktif kuliah dan berada pada semester akhir.

“Kita dari pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura hanya menyediakan bantuan studi akhir, artinya mereka yang sedang menyusun dan melakukan penelitian skripsi,”kata Ted Y. Mokay kepada wartawan di Sentani, Jumat (13/12).

Ditegaskan, pernyataan ini juga sekaligus menjawab pertanyaan dari mahasiswa terkait bantuan pendidikan yang diperuntukan bagi mahasiswa tersebut. Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura memastikan saat ini Pemkab tidak lagi membiayai mahasiswa baru menempuh pendidikan tinggi, kecuali melalui program pemerintah daerah.

“Ini menggunakan dana Otsus, kita juga sama-sama tahu, tahun ini dana Otsus itu mengalami keterlambatan selain itu juga besarnya dipotong. Sehingga kita harus menunggu dan menganggarkan  kembali di perubahan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jayapura, Piet Haryanto Soyan mengakui, selama ini pihaknya banyak menerima pengaduan dari mahasiawa mengenai dana bantuan pendidikan itu. Berdasarkan informasi dari dinas pendidikan, saat ini dana bantuan pendidikan itu sudah mulai disalurkan melalui rekening mahasiswa. Hanya saja kata, dia bantuan dana pendidikan itu  hanya diberikan khusus untuk mahasiswa yang berada pada semester akhir.

“Selain itu hanya diberikan kepada mahasiswa yang masih aktif sedangkan mereka yang cuti tidak boleh mendapatkan dana tersebut,” ungkapnya.

Dia berharap kepada seluruh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi khususnya di semester akhir supaya melengkapi berkas administrasi yang dibutuhkan terkait bantuan dana pendidikan itu. ” Aspirasi mahasiswa yang disampaikan selama ini sudah disampaikan kepada pemerintah daerah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, kemudian ini mendapat respon yang sangat positif dari pemerintah melalui dinas pendidikan untuk menyelesaikan pembayaran dana bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang masih aktif kuliah,”tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *